^My_Picture^

^My_Picture^
School SHKL....

Senin, 23 November 2009

Radio Komunitas

Radio komunitas merupakan radio masyarakat yang berada didalam suatu wilayah atau kawasan tertentu. Radio yang berbasis komunitas artinya radio yang tersusun dari elemen-elemen pembangun adanya sistem komunikasi dan informasi suatu wilayah atau kawasan yang terdiri dari masyarakat setempat.

Radio komunitas mempunyai fungsi yang sama seperti media informasi lainnya. Hanya saja pada radio komunitas tidak boleh memberikan informasi periklanan yang bersifat komersial (menjual suatu produk). Adapun iklan yang diijinkan hanyalah iklan-iklan layanan masyarakat seperti, himbauan menjaga kebersihan, kesehatan, keamanan lingkungan serta melestarikan hutan atau alam.

Radio komunitas mayoritas pengurusnya adalah murni masyarakat sekitar. Penyiarnyapun masyarakat sekitar yang tidak berpengalaman di dunia penyiaran. Sumber informasi yang didapat berasal dari media lain seperti televisi, radio, atau media cetak. Radio komunitas umumnya banyak sekali kekurangan dan kelemahan. Sebagai contonya saja seperti penyiar yang tidak berpengalaman dan fasilitas yang seadanya.

Radio komunitas sebagai media pembelajaran yang baik karena radio komunitas adalah radio yang benar-benar melibatkan orang-orang yang kurang ahli dalam media informasi namun dapat memberikan pengalaman dan wawasan menarik mengenai publik yang sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar